Jumat, 28 September 2012

Tips pengiriman barang transaksi online


Tidak bisa dipungkiri transaksi bisnis online di indonesia dalam 3 tahun terakhir meningkat sangat tajam. Bisa dilihat dari ramainya orang berjualan di website, twitter, facebook, maupun jualan online melalui blackberry messenger / BBM

Tips Pengiriman barang transaksi online


Fakta lain yang bisa dilihat adalah menjamurnya agen agen pengiriman / ekspedisi di sekitar daerah perumahan / perkantoran di sekitar kita. kita pun melihat dan mengamati banyaknya perusahaan baru yang mencoba peruntungan di bisnis ekspedisi pengiriman barang ini. Cobalah anda datang ke kantor JNE di kota anda pada malam hari, bukan agen ya, ternyata luar biasa ramai karena kantor perwakilan JNE biasanya buka 24 jam. Pengalaman penulis, bahkan pernah sampai 2 jam antri untuk melakukan pengiriman di kantor tersebut.

Berikut adalah tips yang perlu diperhatikan bagi Pembeli  transaksi online dalam pengiriman barangnya:

  1. Mintalah barang yang anda beli dalam transaksi online untuk di packing dengan aman.Hal ini untuk menghindari kerusakan barang dalam proses pengiriman, untuk barang electronic / sejenisnya, sebaiknya di packing kayu + bayar asuransi.
  2. Apabila anda baru pertama kali bertransaksi dengan merchant, usahakan minta kepada penjual untuk menggunakan jasa pengiriman yang bisa dilacak keberadaan barangnya / tracable.
  3. Pembeli biasanya akan mengeluh atau bahkan membatalkan transaksinya setelah mengetahui ongkir yang mahal. Ini adalah resiko transaksi online, untuk jasa kiriman barang yang murah biasanya resiko rusak, kelambatan atau bahkan kehilangan, dsb menjadi lebih besar.


Sedangkan bagi penjual, berikut ini adalah tips pengiriman barang transaksi online :

1.    Selalu kirim barang dengan packing yang aman, karena kerusakan barang selama pengiriman biasanya menjadi tanggung jawab penjual/pengirim.
2.    Ambil asuransi jika nilai barang yang dikirimkan lebih besar dari 10 kali biaya pengiriman, karena biasanya ekspedisi hanya akan mengganti barang yang hilang dalam pengiriman sebesar maksimal 10 kali ongkos kirim
3.   Gunakan jasa ekspedisi yang murah, tepat waktu, dan traceable, sesuaikan dengan kebutuhan barang sampai di tujuan, urgent atau tidak.
4.       Berdasarkan pengalaman penulis, tariff regular antar ekspedisi via udara tidak jauh berbeda per kilogramnya. Masing-masing ekspedisi biasanya punya expertise yang berbeda-beda. Misalnya :
·         PT Pos Indonesia mempunyai expertise untuk menjangkau pengiriman ke alamat-alamat di kota kecamatan di seluruh indonesia
·         Indologistics mempunyai kecepatan untuk pengiriman di kota-kota yang ada bandaranya.
·         Indah Express mempunyai daya kompetitif untuk pengiriman ke sumatera dan beberapa kota di pulau jawa.
·         Pahala express mempunyai keunggulan untuk pengiriman s/d 5kg pertama yang murah dan cepat untuk pengiriman di pulau jawa
·         JNE mempunyai keunggulan support system, keamanan, dan penelusuran posisi barang yang luar biasa dengan sistem ORACLE nya. Disamping itu JNE mempunyai tariff jasa yang bervariatif mulai dari yang ekonomis / OKE sampai Diplomat service.
Demikian sekilas sharing tentang tips pengiriman barang dalam transaksi online. Penulis adalah praktisi jualan online melalui website : www.Tastelur.Wordpress.com

Tidak ada komentar: