Jumat, 28 September 2012

Menghindari penipuan jual beli online


Dengan semakin maraknya transaksi online akhir-akhir ini, ternyata meningkat pula terjadinya penipuan yang dilakukan segelintir orang yang tidak bertanggung jawab.
Jual beli online biasanya terjadi melalui media website, media social facebook, twitter, kemudian marketplace : FJB kaskus, multiply, toko bagus, berniaga, rakuten dll, bahkan semakin banyak pula yang berjualan hanya dengan Blackberry messenger, baik melalui broadcast maupun display picture dan status BB.
Apapun medianya, transaksi online menjadi alternative untuk memperoleh barang dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Menyenangkan apabila pembeli bisa mendapatkan barang yang diperlukan dengan kualitas, waktu, dan harga yang sesuai dengan harapan. Dibawah ini adalah contoh situs yang aman dan menyenangkan untuk berbelanja kebutuhan tas sekolah putra - putri anda. . . he he 'www.tasangrybirds.com silahkan meluncur ke TKP ya . . . 

Menghindari penipuan jual beli online


Pada kesempatan ini akan kami sharing tips bagaimana untuk menghindari terjadinya penipuan bagi anda yang akan bertransaksi online, bahkan untuk yang sudah sering melakukan transaksi jual beli online.  Transaksi dengan penjual / toko yang sama sekali belum pernah kita kenal / bertemu akan beresiko jika kita tidak teliti sebelum membeli.

Yang pertama perlu kita ketahui adalah informasi mengenai penjual, meliputi informasi  detail penjual, alamat, reputasi, testimoni konsumen dll hal ini perlu kita pelajari. Hal ini bisa kita lihat di info websitenya, profile Facebook, Bio di twitter, Reputasi di kaskus, info toko di toko bagus, intinya kita harus tahu dengan siapa kita akan bertransaksi.
Cara sederhana yang bisa dipakai adalah sbb, misalnya kita akan bertransaksi di ‘www.tokomawar.com coba di googling dengan keyword “toko mawar penipu” jika ada konsumen yang pernah di tipu oleh toko ini, biasanya akan menulis di forum, website, atau marketplace apapun, dan hal ini akan di index oleh google. Jika anda menemukannya pada saat googling, maka berhati-hatilah.

Umur website, usia listing di marketplace atau semacam twiting since kalau di twitter juga perlu diperhatikan. Pilih usia toko online yang relative sudah lama listing. Berhati-hatilah misalnya anda membeli di FJB kaskus di user id yang baru hari itu/bulan itu dibuat.
Penipu biasanya lebih suka melakukan aksinya melalui media social, kemudian market place, karena bisa melakukan pola aksi hit and run, buat akun baru, dan seterusnya. Lebih aman bertransaksi melalui website yang muncul di halaman muka pencarian google dari barang yang anda cari. Karena untuk muncul di page 1 google perlu waktu melalui SEO dan ini tidak di sukai oleh penipu.

Tingkat responsiveness atau kecepatan respon dari penjual juga perlu anda perhatikan, anda perlu berhati – hati jika anda melakukan kontak dengan penjual dan kemudian lebih dari 24 jam baru ada response. Karena inti dari bisnis online adalah kecepatan delivery informasi dan product.
Tips selanjutnya adalah : jangan mudah tergiur dengan harga murah, apabila dengan sangat terpaksa anda benar-benar kepincut, make a phone call ke penjual untuk menanyakan detailnya, biasanya penipu tidak tahu persis detail dan teknis atas barang jualan tipuanya, he he
Jika anda masih menginginkan barang harga murah tersebut, ajak penjual untuk ketemuan transaksi COD, Cash on delivery. Atau jika anda berbeda kota, lakukan melalui rekber atau rekening bersama. Apa itu rekber silahkan googling ya pemirsa, next posting mungkin akan kita bahas pula disini.

Setelah anda deal atau setuju melakukan transaksi, pengiriman barang juga perlu kita pastikan seperti yang juga pernah dibahas disini. Tracking pengiriman, packing yang aman, juga perlu kita perhatian.
Pada intinya transaksi online itu asyik loh, praktis, mudah, hemat waktu, tenaga, dan bisa mendapatkan barang yang kadang sulit kita temui di market offline. Happy Shopping online yah . . .

Tidak ada komentar: